Baterai merupakan bagian dari kelistrikan mesin. Kelistrikan mesin pada
sistem kelistrikan mobil digunakan untuk menghidupkan mesin dan menjaga
agar mesin dapat tetap hidup. Baterai berfungsi untuk menyediakan
sejumlah arus kepada komponen kelistrikan motor seperti motor,
lampu-lampu dan sebagainya.
Pemeriksaan baterai yang masih terpasang pada mobil pemeriksaan electrolite (air aki) dapat dilakukan dengan menggoyangkan body kendaraan dan ini akan terlihat tinggi air akinya. Bila anda akan menambah air aki, diisi cukup sampai tanda “upper” saja dan jangan diisi berlebihan.
Pemeriksaan baterai (aki) dilakukan secara visual, dan bila perlu baterai diperiksa secara keseluruhan dengan terlebih dahulu baterai dilepaskan dari mobil untuk dibersihkan. Berhati-hati waktu menangani pekerjaan ini, dan usahakan agar air aki tidak menetes pada bagian body kendaraan, sebab akan merusak cat. Tutuplah fender dengan pelindung.
PEMERIKSAAN BATERAI
Pemeriksaan baterai yang masih terpasang pada mobil pemeriksaan electrolite (air aki) dapat dilakukan dengan menggoyangkan body kendaraan dan ini akan terlihat tinggi air akinya. Bila anda akan menambah air aki, diisi cukup sampai tanda “upper” saja dan jangan diisi berlebihan.
Pemeriksaan baterai (aki) dilakukan secara visual, dan bila perlu baterai diperiksa secara keseluruhan dengan terlebih dahulu baterai dilepaskan dari mobil untuk dibersihkan. Berhati-hati waktu menangani pekerjaan ini, dan usahakan agar air aki tidak menetes pada bagian body kendaraan, sebab akan merusak cat. Tutuplah fender dengan pelindung.
PEMERIKSAAN BATERAI
- Lepaskan kabel negatif (massa) terlebih dahulu, kemudian lepaskan kabel positifnya. Bila kabel positif dilepaskan terlebih dahulu akan terjadi percikan api, dan bila kunci pas yang digunakan menyentuh terminal atau body. Berhati-hati melepaskan kabel agar tidak merusak terminal, kendorkan mur pengikat kleman terlebih dahulu, kemudian tarik kabelnya ke atas.
- Angkat kotak baterai tegak lurus ke atas, dan jangan miring sebab elektrolit akan mengalir keluar. Bila anda membawa baterai posisikan kedua tangan dibawah kotak baterai.
- Karat pada terminal baterai. Bila terminal baterai berkarat bersihkan dengan air hangat, kemudian terminalnya diamplas atau disikat.
- Baterai yang rusak dan bocor tidak dapat diperbaiki lagi dan harus diganti baru.
- Pengikat klem baterai yang kendor atau berkarat terutama pada kabel starter yang berhubungan dengan baterai dan kabel massa kemungkinan perlu diperbaiki dan dibersihkan.
- Dudukkan baterai (tempat pemasangan baterai yang terdapat pada ruang mesin) bila keadaannya berkarat dan rusak perlu segera diperbaiki.
- Periksa Kotak Baterai : Bersihkan kotak baterai periksa bagian atas, samping dan bawah kotak.
- Periksa jumlah/volume electrolite : Letakan baterai pada tempat yang rata dan periksa volumenya electrolite pada batas Upper dan lower. Apabila kurang tambahkan dengan air suling
- Periksa lubang penguapan pada tutup: Dengan menggunakan tekanan udara kompresor tiupkan udara pada lubang penguapan udar
- Periksa berat jenis/BJ electrolite : Dengan menggunakan Hydrometer periksalah BJ electrolite, normal 1.260-1.280 pada suhu 25o C perbedaan setiap sel < dari 0.025
- Periksa terminal/pole baterai: : Bersihkan terminal baterai dari kotoran maupun minyak/vat dengan air hangat (bila perlu) kemudian gosoklah dengan amplas
- Periksa tegangan baterai : Dengan menggunakan baterai tester atau multi tester periksalah tegangan baterai (teg.bat 12.6 volt max.)
Jangan mengetes baterai dengan menghubungkan terminal positip & negatip baterai dengan menggunakan logam/kabel
Setelah penambahan air aki dengan air suling hidupkan mesin beberapa saat, baru kemudian periksa BJ nya
Ditulis oleh
aan - Jumat, 28 Maret 2014 - 17.35
Belum ada komentar untuk "Memeriksa Baterai"
Berpartisipasi membudayakan komentar yang setia pada topik, berekspresi dengan bahasan yang tidak menyerang dan tidak menebar kebencian, penulis ucapkan matur nuwun telah memberikan apresiasi terhadap artikel diatas