Proses pembelajaran tidaklah cukup hanya untuk meningkatkan pengetahuan [melalui core subjects] saja, harus dilengkapi:
- Berkemampuan kreatif - kritis
- Berkarakter kuat [bertanggung jawab, sosial, toleran, produktif, adaptif,]
Disamping itu didukung dengan kemampuan memanfaatkan informasi dan berkomunikasi itulah katanya kerangka kompetensi abad 21, maka dengan hal tersebut pemerintah lagi giat-giatnya melakukan sosialisasi, dan Implementasi di setiap sekoah di tahun ajaran 2014 ini,
KONSEP DAN STRATEGI PENILAIAN HASIL BELAJAR
- Pengukuran
- Penilaian
- Evaluasi
- Asesmen
- Tes
- Pengujian
- ?
- Pengertian Penilaian , Pengukuran, Dan EvaluasiPengukuran adalah kegiatan membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria atau ukuran.
- Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi /bukti melalui pengukuran, menafsirkan, mendes-kripsikan, dan menginterpretasi bukti-bukti hasil pengukuran.
- Evaluasi adalah proses mengambil keputusan berdasarkan hasil-hasil penilaian.
(Permendikbud no. 81 A tahun 2013)
PENILAIAN = ASSESSMENT
Kegiatan yang lebih kompleks, melibatkan sejumlah aktivitas pengukuran dan interpretasi (assessment).
TES
Cangelosi (1995: 21) tes didefinisikan sebagai pengukuran terencana yang dipakai para guru untuk mencoba menciptakan kesempatan bagi para peserta didik untuk memperlihatkan prestasi mereka dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan
PENILAIAN = ASSESSMENT
Kegiatan yang lebih kompleks, melibatkan sejumlah aktivitas pengukuran dan interpretasi (assessment).
TES
Cangelosi (1995: 21) tes didefinisikan sebagai pengukuran terencana yang dipakai para guru untuk mencoba menciptakan kesempatan bagi para peserta didik untuk memperlihatkan prestasi mereka dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan
PENGUJIAN / UJIAN
Ujian adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan. (pasal 20, PP No. 19 2005).
BENTUK PENILAIAN / PENGUJIAN
- Ulangan Harian : selesai satu atau beberapa Indikator. (tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya)
- Ulangan Tengah Semester : selesai beberapa Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan
- Ulangan Akhir Semester : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan.
- Ujian Sekolah : untuk menentukan kelulusan dari satuan pendidikan
- Ujian Nasional/Uji Kompetensi Keahlian: menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dlm klp mata pelajaran IPTEK
KETUNTASAN BELAJAR
- Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan belum tuntas belajar untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai < 2.66 dari hasil tes formatif.
- Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan sudah tuntas belajar untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai ≥ 2.66 dari hasil tes formatif.
- Untuk KD pada KI-1 dan KI-2, ketuntasan seorang peserta didik dilakukan dengan memperhatikan aspek sikap pada KI-1 dan KI-2 untuk seluruh matapelajaran, yakni jika profil sikap peserta didik secara umum berada pada kategori baik (B) menurut standar yang ditetapkan satuan pendidikan yang bersangkutan
Ditulis oleh
aan - Jumat, 01 Agustus 2014 - 00.26
kunjungi https;//bhatharaguru.blogspot.com
BalasHapus