Sistem Penilaian dan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013

Proses pembelajaran tidaklah cukup hanya untuk meningkatkan  pengetahuan [melalui core subjects] saja, harus dilengkapi:
  1. Berkemampuan kreatif - kritis
  2. Berkarakter kuat [bertanggung jawab, sosial, toleran, produktif, adaptif,]
Disamping itu didukung dengan kemampuan memanfaatkan informasi dan berkomunikasi itulah katanya kerangka kompetensi abad 21, maka dengan hal tersebut pemerintah lagi giat-giatnya melakukan sosialisasi, dan Implementasi di setiap sekoah di tahun ajaran 2014 ini,

KONSEP DAN STRATEGI PENILAIAN HASIL BELAJAR
  1. Pengukuran
  2. Penilaian
  3. Evaluasi
  4. Asesmen
  5. Tes
  6. Pengujian
  7. ?
  1. Pengertian Penilaian , Pengukuran, Dan EvaluasiPengukuran adalah kegiatan membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria atau ukuran.
  2. Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi /bukti melalui pengukuran, menafsirkan, mendes-kripsikan, dan menginterpretasi bukti-bukti hasil pengukuran.
  3. Evaluasi adalah proses mengambil keputusan berdasarkan hasil-hasil penilaian.
(Permendikbud no. 81 A tahun 2013)

PENILAIAN = ASSESSMENT
Kegiatan yang lebih kompleks, melibatkan sejumlah aktivitas pengukuran dan interpretasi (assessment).

TES
Cangelosi (1995: 21) tes didefinisikan sebagai pengukuran terencana yang dipakai para guru untuk mencoba menciptakan kesempatan bagi para peserta didik untuk memperlihatkan prestasi mereka dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan

PENGUJIAN / UJIAN
Ujian adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan. (pasal 20, PP No. 19 2005).
BENTUK PENILAIAN / PENGUJIAN
  1. Ulangan Harian : selesai satu atau beberapa Indikator. (tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya) 
  2. Ulangan Tengah Semester : selesai beberapa Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan
  3. Ulangan Akhir Semester : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan.
  4. Ujian Sekolah : untuk menentukan kelulusan dari satuan pendidikan
  5. Ujian Nasional/Uji Kompetensi Keahlian: menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dlm klp mata pelajaran IPTEK

KETUNTASAN BELAJAR
  1. Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan belum tuntas belajar untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai < 2.66 dari hasil tes formatif.
  2. Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan sudah tuntas belajar untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai ≥ 2.66 dari hasil tes formatif.
  3. Untuk KD pada KI-1 dan KI-2, ketuntasan seorang peserta didik dilakukan dengan memperhatikan aspek sikap pada KI-1 dan KI-2 untuk seluruh matapelajaran, yakni jika profil sikap peserta didik secara umum berada pada kategori baik (B) menurut standar yang ditetapkan satuan pendidikan yang bersangkutan 
Bagi yang memerlukan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 silahkan download disini

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh aan - Jumat, 01 Agustus 2014 - 00.26

1 Komentar untuk "Sistem Penilaian dan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013"